Kisah Kota yang Dibangun di Atas Kawah Meteor dan Berlapis Berlian - Posting Ulangan

Kisah Kota yang Dibangun di Atas Kawah Meteor dan Berlapis Berlian

Foto: (Dok. srkqureshi official/Instagram)

Nordlingen
 - Nordlingen begitu terkenal di Jerman karena jadi kota yang dibangun di atas kawah meteor. Tak hanya itu, ternyata kota cantik ini juga berlapis berlian.

Diintip dari BBC, Kamis (23/11/2017) sebuah kota kecil di Jerman populer karena letaknya yang tak biasa. Kota ini bernama Nordlingen dan berada di kawah meteor.

Tapi tak sampai di situ, kota cantik ini juga ternyata didirikan di atas lapisan berlian. Kok bisa ya?

Baca Juga : Kangen Water Punya pH Tinggi, Dokter: Kena Asam Lambung Netral Lagi

Sebuah asteroid menimpa kota ini 15 juta tahun yang lalu. Terbentur di wajah Nordlingan, bentuk bulatan bekas meteor bisa dilihat oleh turis dari ketinggian.


Kisah Kota yang Dibangun di Atas Kawah Meteor dan Berlapis BerlianFoto: (Thinkstock)
Walau sudah di padati dengan bangunan, namun bentuk bulat dari astereoid masih bisa dilihat. Asteroid ini jatuh ke bumi dengan kecepatan 25 km per detik. Panjangnya 1 km dan membuat lubang seluas 26 km.

Asteroid yang terbentur ke bumi memberikan panas dan tekanan yang luar biasa kepada tanah. Akibatnya, gelembung karbon yang ada di tanah berubah menjadi serpihan berlian!

Serpihan berlian ini berukuran kurang dari 0,2 mm. Bisa dibilang, berlian ini sangat kecil dan tak bisa dilihat oleh mata telanjang. Sedangkan asteroid dijadikan sebagai bahan bangunan membangun kota.

"Segala sesuatu di dalam tembok kota terbuat dari batuan asteroid tersebut," kata Roswitha Feil, warga lokal kepada BBC.

Kisah Kota yang Dibangun di Atas Kawah Meteor dan Berlapis Berlian             Foto: (Thinkstock)

Parahnya, masyarakat kota menyangka kalau dulu kota ini dibangun di atas kawah api yang sudah punah. Hal ini pun tertulis di dalam buku pelajaran sampai tahun 1906.

Harus Baca : Black Friday Jadi Viral Gara-gara Akun Instagram Bahasa Jepang

Tidak lama setelah Shoemaker dan Chao, ahli geologi AS, pertama kali mengunjungi Nrdlingen, diperkirakan oleh ahli geologi setempat bahwa tembok kota dan bangunannya mengandung sekitar 72.000 ton berlian. Meskipun jenis batu suevite dapat ditemukan di bagian lain dunia, tidak ada konsentrasi batu permata setinggi di Nordlingen.

Karena hal inilah, banyak turis yang mencoba datang ke kota ini. Untuk melihat langsung kota yang dibangun di atas lapisan berlian. Namun bagi masyarakat setempat, hal ini adalah hal yang biasa. Ibarat kata, warga Nordlingen menginjak dan tidur di bawah lapisan berlian dan menganggap hal itu biasa.

Subscribe to receive free email updates:

Advertisement