Kangen Water Punya pH Tinggi, Dokter: Kena Asam Lambung Netral Lagi - Posting Ulangan

Kangen Water Punya pH Tinggi, Dokter: Kena Asam Lambung Netral Lagi

Kangen Water Punya pH Tinggi, Dokter: Kena Asam Lambung Netral Lagi
Walau pH Kangen Water tinggi, namun dokter sebut ketika kena asam lambung akan netral lagi. Foto: ilustrasi/thinkstock



Air alkali dengan merek Kangen Water populer karena disebut memiliki tingkat keasaman (pH) yang cukup tinggi. Pakar kesehatan saluran cerna menyebut hal tersebut tidak lagi menjadi manfaat ketika sudah masuk ke lambung.

Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo, menyebut klaim manfaat air alkali muncul karena sifatnya yang basa, dengan pH 8. Sayangnya, pH air akan kembali netral ketika masuk ke lambung karena sifat asam lambung.

Baca jugaKomentari Kangen Water, Kepala BBPOM DKI Jakarta: Infonya Menyesatkan

"pH asam lambung itu antara 1 atau 2, jadi sangat asam. Jadi ada asam lambung, ada dinding lambung, yang sifatnya defensif. Kemudian pH-nya (makanan dan minuman yang masuk ke lambung) akan dinetralkan lagi oleh asam lambung," tutur dr Ari kepada detikHealth.

Dijelaskannya bahwa makanan dan minuman apapun yang masuk ke tubuh akan dicerna oleh lambung. Jika sifat asam maupun basanya terlalu kuat, tentu saja akan ada efek negatif yang timbul.

"Jadi kalau basanya terlalu kuat juga nggak bagus, karena akan membuat lambung rusak juga," tambahnya lagi.

Terlebih menurutnya, tidak mudah mengubah pH yang ada di darah manusia. Idealnya, pH darah ada di angka 7,35 hingga 7,45. Namun meminum air alkali dengan sifat basa yang pH-nya 8 ke atas tidak serta merta membuat pH darah menjadi sama nilainya.

Karena itu, masyarakat harus kritis bila melihat ada iklan produk kesehatan yang mengklaim bisa menyembuhkan segala penyakit. Apalagi jika produk tersebut belum memiliki izin resmi, atau belum jelas manfaat dan keamanannya.

"Tapi mengubah pH darah dari asam jadi basa itu nggak semudah itu, apalagi hanya dengan minum air alkali," tutupnya.

Baca juga: 3 Fakta Ilmiah yang Mematahkan Mitos Air Alkali

Subscribe to receive free email updates:

Advertisement