Suzuki Fronx, Mobil baru dari Maruti yang konsumsi BBM Irit - Posting Ulangan

Suzuki Fronx, Mobil baru dari Maruti yang konsumsi BBM Irit

Maruti Suzuki Fronx sudah dipajang pada ajang Auto Expo di India pada awal tahun 2023. Peluncuran mobil terbaru Suzuki itu dijadwalkan minggu kedua bulan April. Menariknya, mobil yang bakal dilepas di India itu punya konsumsi bahan bakar setara Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia.

Kendati belum meluncur, beberapa spesifikasi penting dari Suzuki Fronx sudah bocor ke publik. Berdasarkan pemberitaan media otomotif di India, Suzuki Fronx akan dibekali dua pilihan mesin K-Series, yakni 1.200 cc dan 1.000 cc turbo.

Dua mesin tersebut menyajikan figur performa yang berbeda. Misalnya mesin 1.000 cc turbo-nya mampu menghasilkan tenaga maksimum 100,06 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 147,6 Nm. Mesin ini akan ditawarkan dalam transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 6 percepatan.

Mesin lain yang ditawarkan dari Maruti Suzuki untuk Fronx adalah mesin K-Series 1.2 liter N/A (natural aspirated). Mesin ini akan mampu menghasilkan tenaga maksimal 89,73 PS dan torsi puncak 113 Nm. Suzuki Fronx ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi AMT 5 percepatan.

Pada lembar spesifikasi Fronx terbaru terungkap bahwa mobil tersebut bisa memiliki konsumsi bahan bakar hingga 21,5 kilometer per liter (km/l) dalam transmisi manual dan 20,01 km/l dalam transmisi otomatis dengan mesin bensin turbo 1,0 liter. Sementara itu, mesin 1.200 cc lebih irit lagi, Suzuki Fronx diklaim bisa mencapai bensin 21,79 km/l dalam transmisi manual dan 22,89 km/l dalam transmisi otomatis. Irit untuk dipakai perkotaan.

Selain mesin yang irit, secara dimensi Suzuki Fronx juga bakal berhadapan dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Sebab mobil crossover ini panjangnya kurang lebih mirip-mirip.

Secara dimensi, Fronx berukuran panjang 3.995 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.550 mm, dan jarak sumbu roda 2.520 mm. Selain itu, crossover ini hadir dengan ground clearance 190 mm.

Bandingkan dengan Raize, SUV compact itu memiliki panjang 4.030 mm x lebar 1.710 mm x tinggi 1.635 mm x jarak sumbu 1.475 mm. Sementara ground clearance-nya 200 mm.

Secara gari besar, Fronx merupakan Baleno yang dibuat crossover. Tampilannya memang lebih macho dari Baleno. Suzuki Fronx juga sudah memiliki fitur kontrol iklim otomatis, serta fitur safety berupa enam airbag. Sebagian besar fitur-fitur Suzuki Fronx mirip dengan yang ada di model Baleno hatchback.

Well apakah Suzuki Fronx bakal dipasarkan di Indonesia? Mengingat pasar SUV sedang tumbuh di negeri ini. Head of Product Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donel mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menjual mobil tersebut di Indonesia.

"Semua produk pasti punya magnet tersendiri jika didatangkan ke market Indonesia. Peluang? Kita lihat ke depannya. Didoakan saja agar industri kita bisa berkembang terus," kata Harold saat dihubungi kami, belum lama ini.

Cari : Suzuki Fronx, Maruti, Maruti Suzuki Fronx, Harga Suzuki Fronx, Maruti Suzuki Mobil Maruti Suzuki Fronx on Road,Otomotif,

Subscribe to receive free email updates:

Advertisement